Lembaga Penjaminan Mutu | IAIN Pekalongan

  • Audit Mutu Internal 2
    Suasana Audit Mutu Jurusan oleh Auditor Internal
  • Workshop 1
    Dr. Drs. Makhrus Munajat, SH. M.Hum. sedang menyampaikan materi Workshop Penjaminan Mutu di ruang sidang Rektorat Lt.3 STAIN Pekalongan.
  • Audit Mutu Internal 1
    Pembukaan Audit Mutu Internal (AMI) Pertama STAIN Pekalongan
  • Visitasi Akreditasi 3
    Kepala P2M memandu jalannya penilaian oleh Asesor BAN-PT.
  • Workshop 2
    Para peserta Workshop Penjaminan Mutu sedang mengikuti kegiatan workshop dengan penuh semangat.
  • Visitasi Akreditasi 4
    Suasana foto bersama pasca penutupan kegiatan penilaian lapangan dalam rangka Visitasi Akreditasi.
  • Rapat Tinjauan Manajemen
    Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) STAIN Pekalongan
  • Visitasi Akreditasi 1
    Visitasi Akreditasi STAIN Pekalongan 2015.

BAN-PT Visitasi Akreditasi Institusi di STAIN Pekalongan

E-mail Print PDF

Pekalongan - Pada tanggal 13-15 Juni 2015 yang lalu, STAIN Pekalongan mendapat giliran divisitasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Pada kesempatan ini, bukan progam studi yang dinilai, tetapi STAIN Pekalongan sebagai institusi. Akreditasi intitusi merupakan sebuah keharusan bagi setiap penyelenggaraan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Pada beberapa tahun sebelumnya, hanya prodi yang diakreditasi, tetapi sekarang institusi juga diakreditasi. Hal inilah yang menjadi kabar gembira bagi keluarga besar STAIN Pekalongan Sebab, saat ini banyak perguruan tinggi negeri dan swasta yang belum dinilai, karena penilaian dilakukan setiap lima tahun sekali dan STAIN Pekalongan mendapat kesempatan pada tahun 2015 ini.

visitasi akre institusi 2

Penilain dilakukan oleh Tim Asesor yang berjumlah 4 orang, yaitu: Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA dari UGM, sekaligus sebagai Ketua Tim; Suparto, M.Ed., Ph.D dari UIN Syahid Jakarta; Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudya, M.Eng dari IPB (Institut Pertanian Bogor) dan yang terakhir Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes dari Universitas Hasanudin. Dalam proses penilaian, dihadiri oleh seluruh pimpinan STAIN PEKALONGAN, perwakilan dosen, alumni, mahasiswa dan user. Pada hari itu hadir pula pengurus ikatan alumni STAIN Pekalongan yang diketuai oleh Dr. Hj. Siti Qomariyah, M.A. Kegiatan visivitasi berlangsung penuh semangat pada hari Ahad, 14 juni 2015 yang dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan Ketua STAIN Pekalongan, sambutan Ketua Tim Asesor, dan penutup. Kemudian, acara visitasi diserahkan kepada lead asesor. Oleh lead asesor, Ketua STAIN diminta untuk mempresentasikan singkat mengenai perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh STAIN Pekalongan yang kemudian dilanjutkan penilaian atau asesment.

Penilaian ini dilakukan dengan mengecek bukti, terutama bukti fisik yang terdapat di dalam borang akreditasi. Dalam penilaian itu, asesor mewawancarai para mahasiswa yang terdiri dari para perwakilan mahasiswa masing–masing proram studi (prodi), para alumni, user, dan juga perwakilan dosen. Tim visitasi juga melakukan kunjungan ke fasilitas-fasilitas penting yang ada di STAIN Pekalongan yang menjadi bukti fisik kelayakan dan perkembangan instansi, seperti; perpustakaan, laboratorium, microteaching, kantor Pusat Penjaminan Mutu (P2M), gedung Pascasarjana, ruang-ruang pengelola jurusan, ruang kelas, dan ruang dosen.

Dari empat assesor yang dikirim oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) hanya dua assesor yang berkeliling untuk meninjau kampus Rahmatan Lil 'Alamin STAIN Pekalongan, yakni Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes yang meninjau kampus satu dan Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudya M.Eng dari IPB (Institut Pertanian Bogor) yang meninjau kampus dua. Setelah tahap demi tahap proses asesment dilaksanakan, kemudian dilakukan penyerahan penilaian secara internal oleh aseesor, yakni dengan penyerahan berita acara oleh asesor kepada Tim Akreditasi. Setelah penyerahan, Tim Akreditasi menyampaikan beberapa usulan perbaikan, di antaranya adalah ruang dosen yang representatif.

Pada acara penutupan Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes menyampaikan bahwa seyogyanya sebuah perguruan tinggi harus memiki matriks rencana induk pengembangan yang terencana, terarah dan terukur, juga time schedule yang jelas, sehingga pada tahapan tertentu bisa mencapai tujuan secara bertahap atau yang disebut milestone atau tonggak-tonggak untuk mencapai tujuan. Pada sambutan terakhirnya, Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudya, M.Eng menyampaikan bahwa STAIN Pekalongan sudah cukup bagus dalam pengelolaan perguruan tinggi, hanya saja dalam peningkatan SDM (sumber daya manusia) perlu diperbaiki, terutama dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sedangkan Suparto, M.Ed., Ph.D menyampaikan bahwa STAIN Pekalongan sudah cukup bagus dalam kegiatan penelitian dan kerjasamanya. Demikian pula dengan pengabdiannya, sehingga sudah layak menjadi perguruan tinggi yang perhitungkan.

Ketua tim assesor, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA pada sambutan sesi terakhir, mengatakan bahwa seyogyanya STAIN Pekalongan sudah mulai berusaha untuk mengambil peran dalam penelitian yang tidak hanya di lingkungan internal STAIN, tetapi juga bersaing dengan teman–teman peneliti di luar STAIN Pekalongan, sehingga tidak hanya menjadi “katak dalam tempurung” tetapi bagaimana temen-teman dosen di STAIN Pekalongan ikut bersaing dalam kegiatan penelitian maupun pengabdian di luar STAIN Pekalongan. Pada bagian terakhir, Ketua STAIN Pekalongan mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari tim assesor, juga mengucapkan permohonan ma’af, jika sambutan dari STAIN Pekalongan kurang maksimal. Di pihak lain, para asesor juga menyampaikan pujian yang cukup tinggi kepada STAIN Pekalongan. Mereka bisa secara langsung menilai, juga mengutarakan hal yang membuat STAIN Pekalongan optimis terhadap proses visitasi yang telah dilaksanakan, yakni ada point-point penting yang dimiliki STAIN Pekalongan yang sebelumnya tidak diduga ada, sehinga akan menambah point penilaian dan bisa saja akan meningkatkan akreditasi STAIN Pekalongan.

Penilaian ini akan dilakukan secara berkala, yakni lima tahun sekali, sehingga akan diketahui sejauh mana perkembangan, kemajuan serta prestasi yang dimiliki oleh STAIN Pekalongan. “Semoga hasil yang diperoleh pada akreditasi tahun ini adalah hasil terbaik, dan memuaskan semua pihak serta keluarga besar STAIN Pekalongan, walaupun tidak seterbaik sebagaimana yang diinginkan,” demikian kalimat terakhir dari lead asesor.